BudayaKuliner

10 Makanan Khas Lampung yang Lezat dan Menggugah Selera

×

10 Makanan Khas Lampung yang Lezat dan Menggugah Selera

Sebarkan artikel ini
Youtube/TRANS7 OFFICIAL

KELAMPUNG.COM –Lampung merupakan Provinsi yang terletak di ujung pulau Sumatera, banyak sekali keberagaman budaya yang terletak pada Provinsi ini terutama dari makanan tradisionalnya yang lezat juga menggugah selera.

ketika berkunjung ke Lampung, kamu akan disuguhkan berbagai makanan ataupun kuliner khas yang menggoda selera yang ada di Provinsi ini. Setiap hidangan memiliki keunikan tersendiri yang mencerminkan kekayaan budaya dan tradisi kuliner Lampung.

Berikut ini adalah kuliner khas Lampung yang tidak boleh kamu lewatkan.

1. Tempoyak

Tempoyak merupakan salah satu hidangan khas asal Kota Siger. Kuliner ini terbuat dari bahan dasar buah durian yang sebelumnya difermentasikan terlebih dahulu. Secara tampilan, tempoyak bentuknya seperti rujak.

2. Gulai Balak

Gulai balak merupakan adalah makanan khas dari Lampung yang berbahan dasar daging kambing atau daging sapi. Masakan tersebut mempunyai cita rasa gurih pedas yang berasal dari pemakaian cabai dan santan.

Kuah dari gulai balak yang berwarna kuning berasal dari kunyit. Selain kunyit, masakan tersebut juga memakai rempah-rempah seperti cengkeh, kapulaga, pala bubuk, kayu manis, pekak, adas, dan jintan.

3. Seruit

Seruit adalah makanan khas Lampung yang sering kali disajikan dalam berbagai acara besar seperti acara adat, pernikahan, dan kelahiran bayi.

Seruit terbuat dari ikan yang dibakar, lalu dicampurkan dengan berbagai macam bumbu seperti cabai, bawang merah, terasi, gula putih, garam, mangga kweni, dan tomat. Seruit akan semakin enak dimakan dengan sepiring nasi putih yang masih hangat.

4. Pindang

Pindang merupakan kuliner yang sudah dikenal banyak orang. Namun untuk Pindang khas lampung memiliki keunikan tersendiri, baik dalam cara penyajian maupun rasanya. Pindang asal Lampung disuguhkan dengan kuah kuning. Rasanya pun gurih dan asam, serta memiliki aroma yang kuat.

Baca Juga:  Daftar SMA Terbaik di Lampung Tahun 2024, Adakah Sekolah Kamu?

5. Gabing

Gabing merupakan kuliner unik lainnya yang berasal dari Lampung karena terbuat dari batang pohon kelapa yang masih muda. Gabing sendiri merupakan makanan berkuah yang cara pembuatannya dengan cara memotong batang kelapa yang masih muda menjadi bentuk yang kecil, lalu direbus oleh kuah yang telah dibumbui berbagai rempah-rempah.

6. Umbu

Umbu merupakan salah satu kuliner langka khas Lampung yang memiliki cita rasa unik karena memiliki rasa yang pahit seperti pare. Umbu dibuat dari rotan yang masih muda, yang kemudian dicampurkan dengan berbagai bahan rempah-rempah supaya mengurangi rasa pahit dari rotan muda tersebut.

7. Pandap

Pandap merupakan olahan yang terbuat dari berbagai macam daging ikan yang dihaluskan. Daging tersebut lalu dicampur dengan berbagai bumbu rempah-rempah, kemudian dibungkus menggunakan daun pisang, dan dikukus selama 8 jam supaya teksturnya halus.

8. Gulai Tempoyak

Gulai tempoyak juga merupakan salah satu makanan khas yang berasal dari daerah Lampung. Makanan ini dibuat dari daging durian yang sudah matang. Selain daging durian, tempoyak juga dibuat dengan menggunakan sedikit garam dan difermentasi di dalam wadah kedap udara selama tiga hari berturut-turut.

Sensasi asam dan pedas dari tempoyak ini dapat diolah dengan menjadi sajian gulai. Sajian gulai yang umum di Lampung adalah dibuat dengan memakai ikan patin. Bumbu yang dicampurkan juga terdiri atas bawang merah, bawang putih, cabai, dan kunyit yang telah dibakar sebelumnya.

9. Geguduh

Geguduh merupakan kue khas Lampung yang punya cita rasa manis seperti kue-kue kering pada umumnya. Geguduh dibuat dari pisang yang dihaluskan, selai, tepung terigu, serta susu yang kemudian dibentuk sesuai selera. Baru setelahnya digoreng supaya teksturnya kering.

Baca Juga:  Wajib Coba! Rekomendasi Kuliner Khas Lampung

10. Engkak

Engkak merupakan makanan khas Lampung yang biasa dijadikan oleh-oleh. Makanan ini punya rasa manis. Engkak dibuat dari tepung terigu, telur, mentega, santan, dan susu kental manis. Semua bahan itu kemudian diaduk, dibentuk sesuai selera, lalu di panggang.

Berikut inilah rekomendasi kuliner yang harus kamu coba ketika berkunjung ke Provinsi Lampung. Selamat mencoba.***