Budaya  

Mengenal Motto dan Semboyan Lampung

Perbatasan Kota Bandar Lampung
Potret Perbatasan Kota Bandar Lampung. Motto dan Semboyan Kabupaten/kota Provinsi Lampung. /pemkotbandarlampung.go.id/

KE LAMPUNG – Setiap wilayah kabupaten/kota di Provinsi Lampung memiliki motto, slogan maupun semboyan. Berikut adalah daftar lengkapnya.

Motto dan semboyan di kabupaten/kota di Lampung sudah diatur dan diresmikan melalui peraturan daerah (Perda).

Lalu apakah tujuan dari motto dan seberapa pentingkah bagi masyarakat adanya semboyan bagi setiap wilayah di Lampung?

Motto merupakan sebuah refleksi dan representasi dari sebuah wilayah. Umumnya di Indonesia motto beserta lambang dapat merefleksikan pelestarian nilai-nilai sosial setempat.

Baca Juga: Hari Tari Sedunia 2022: Penari Lampung Ini Bisa Jadi Salah Satu Inspirasi

Hal demikian juga mencerminkan bagi setiap wilayah di Lampung yang memiliki beragam motto dan semboyan di setiap kabupaten/kotanya.

Kelampung.com melansir dari berbagai sumber, berikut motto daerah se-Provinsi Lampung beserta maknanya.

Bandar Lampung

Motto dari Kota Bandar Lampung adalah Ragom Gawi. Secara harfiah, Ragom (baca: khagom) berarti kompak, bersatu, bersama-sama. Sedangkan Gawi berarti kerja, melaksanakan tugas pengabdian.

Makna apabila dipadukan mengusung arti bergotong royong, bekerjasama, bersatu padu dalam menggerakkan roda pembangunan dengan hati yang tulus ikhlas dan pantang menyerah dalam bekerja dan pengabdian terhadap masyarakat, bangsa dan Negara.

Baca Juga: Mengenal Makna Tradisi Sekura di Lampung

Lampung Selatan

Kabupaten Lampung Selatan memiliki motto “Ragom Mufakat” yang berarti suka bermusyawarah untuk menuju mufakat. Filosofi dari motto tersebut adalah kebersamaan dan musyawarah.

Lampung Barat

Kabupaten Lampung Barat memiliki motto “Beguai Jejama” yang berarti bekerja bersama dan bergotong royong. Filosofi logo tersebut adalah kebersamaan dan kesetaraan.

Baca Juga: Daerah Ini Perlu Siaga Jika Gunung Anak Krakatau Meletus

Lampung Tengah

Kabupaten Lampung Tengah memiliki motto “Beguwai Jejamo Wawai”. Kata beguwai berarti bekerja atau berbuat sesuatu untuk kepentingan masyarakat. Kata jejamo artinya secara bersama-sama atau bergotong royong. Sedangkan kata wawai berarti baik atau kebaikan. Sehingga secara keseluruhan dapat diartikan bekerja atau berbuat secara berbuat secara bersama-sama mewujudkan kepentingan masyarakat menuju kebaikan.

Pesawaran

Kabupaten Pesawaran memiliki motto “Andan Jejama”. Kata Andan berarti memelihara atau menjaga dengan baik sedangkan kata Jejama artinya bersama-sama.

Arti keseluruhannya adalah memelihara atau menjaga dengan baik secara bersama-sama. Dalam konteks pemerintahan, Andan Jejama berarti melaksanakan secara baik melalui sikap kebersamaan antara pemerintah dan masyarakat dalam rangka melaksanakan tugas pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan serta bersama-sama memelihara hasil pembangunan yang telah dicapai.

Baca Juga: Info Lomba Video Kreatif 2022 Gratis di Lampung

Lampung Timur

Kabupaten Lampung Timur memiliki motto “Bumei Tuwah Bepadan “ yang memiliki arti daerah yang selalu memberikan kemakmuran bagi masyarakat apabila segala keputusan diambil melalui cara musyawarah untuk mufakat.

Tanggamus

Kabupaten Tanggamus memiliki motto “Begawi Jejama”.

Arti dari motto tersebut adalah bekerja secara bersama-sama. Motto tersebut menyimbolkan masyarakat Tanggamus yang mengutamakan persatuan dan kesatuan dalam melaksanakan pekerjaan untuk mambangun daerahnya.

Metro

Kota Metro memiliki motto “Bumi Sai Wawai” bermakna tanah yang indah. Dengan motto tersebut masyarakat Metro diharapkan berupaya secara terus menerus untuk menjadikan daerah Metro sebagai bumi yang bagus atau indah dan asri.

Baca Juga: Cara Urus KTP Rusak di Lampung untuk Diganti Baru

Pringsewu

Kabupaten Pringsewu memilki motto “Jejama Secancanan” yang berarti bersama-sama saling bergandengan tangan atau dengan kata lain bergotong royong, berat sama dipikul, ringan sama dijinjing.

Pesisir Barat

Kabupaten Pesisir Barat memiliki motto “Helauni Kikbakhong” yang berarti bagusnya jika bersama-sama. Dalam pengertian luas, segala sesuatu akan lebih bagus jika dilakukan bersama-sama.

Way Kanan

Kabupaten Way Kanan memilki motto “Ramik Ragom” yang berarti banyak dan beragam. Motto tersebut menyimbolkan bahwa daerah Way Kanan adalah kumpulan masyarakat yang majemuk tetapi tetap memelihara persatuan dan kesatuan.

Motto Ramik Ragom juga merupakan singkatan. RAMIK singkatan dari Rapi, Aman, Iman dan Kompak. Sedangkan RAGOM adalah singkatan dari Rasa, Amanah, Giat, Objektif dan Mandiri.

Lampung Utara

Kabupaten Lampung Utara memiliki motto “Ragem Tunas Lampung.” Motto tersebut memiliki dua arti. Pertama, masyarakat adat Lampung Utara menerima keanekaragaman/ perbedaan sebagai modal untuk kemajuan bersama. Kedua, keramah tamahan yang dilandasi oleh niat baik untuk menjalin hubungan persaudaraan.

Tulang Bawang

Kabupaten Tulang Bawang memiliki motto “Sai Bumi Nengah Nyappur” yang bermakna bahwa masyarakat daerah Tulang Bawang sangat terbuka, mudah beradaptasi terhadap lingkungan, serta ramah dalam pergaulan, merupakan perwujudan sikap kemampuan, keluhuran dan keyakinan, serta percaya diri yang penuh.

Mesuji

Kabupaten Mesuji memiliki motto “Ragab Begawe Caram” yang mengandung arti bahwa Mesuji memiliki semangat bekerja keras dan bergotong royong.

Tulang Bawang Barat

Kabupaten Tulang Bawang Barat memiliki motto “Ragem Sai Mangi Wawai” yang berarti dalam meraih kesuksesan selalu berpedoman pada keputusan bersama.

Jika kita perhatikan, konsep kebersamaan selalu muncul dalam motto di hampir semua kabupaten/kota yang ada di Lampung. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat Lampung mengutamakan kebersamaan dan persatuan dalam setiap aktivitas kehidupannya.***

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.