Budaya  

Profil Lampung Gerbang Utama Pulau Sumatera

Menara Siger Lampung
Menara Siger Lampung adalah ikon provinsi di gerbang Sumatera ini. Terletak di Bakauheni, Lampung Selatan. /Instagram/@dilez_s

KE LAMPUNG – Provinsi Lampung merupakan provinsi terdepan di Pulau Sumatera. Secara geografi, Provinsi Lampung sendiri terletak di bagian ujung tenggara Pulau Sumatera pada Posisi 103°40 – 105°50 Bujur Timur dan 3°45-6°45 Lintang Selatan.

Adapun batas-batas wilayah administrasif Provinsi Lampung di Sebelah Utara berbatasan dengan Provinsi Bengkulu dan Provinsi Sumatra Selatan. Kemudian sebelah Selatan berbatasan dengan Selat Sunda dan di sebelah Timur berbatasan dengan Samudra Hindia.

Provinsi Lampung merupakan pintu gerbang pulau Sumatra ke Pulau Jawa dan sebaliknya. Hal ini dikarenakan posisi Lampung sangat dekat dengan Jawa, dimana hanya dipisahkan oleh Selat Sunda yang kurang dari 30 Kilometer.

Oleh karena itu, di dukung sarana dan prasarana transportasi yang relatif lancar, baik angkutan darat maupun fery dan dilalui jalur alternatif pelayaran internasional membuat Pelabuhan Panjang dibangun dan difungsikan pada skala Internasional.

Luas daratan Lampung adalah 353.376 km2. Kemudian panjang garis pantai 1.105 km termasuk 69 pulau kecil dan Pulau Tabuan yang terbesar.

Setidaknya ada dua teluk di Lampung, yaitu teluk Semangka dengan luar perairan pesisirnya sekitar 16.625 km2.

Adapun penduduk asli Lampung terdiri dari tiga kelompok, mulai dari; Orang Abung yang berasal dari daerah pegunungan di sebelah barat Lampung.

Kemudian Orang Pubian yang berada di kawasan dataran rendah di bagian timur Lampung, dan ketiga adalah Orang Peminggir yang berasal dari kawasan pantai selatan Lampung yaitu Teluk Lampung dan Teluk Semangka.

Umumnya masyarakat Lampung berbicara dalam dua bahasa daerah, yaitu; bahasa Komering dan bahasa Lampung.

Namun karena kehadiran begitu banyak pendatang dari Jawa bahkan sebagian penduduk asli ini pun pandai berbahasa Jawa dan Sunda.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.