Kuliner

Rekomendasi Kuliner Khas Lampung, Wajib Dicoba!

×

Rekomendasi Kuliner Khas Lampung, Wajib Dicoba!

Sebarkan artikel ini
Youtube/DAPUR RASA

KELAMPUNG.COM –Lampung merupakan salah satu Provinsi yang memiliki keragaman budaya yang melimpah. Salah satu fakta bahwa Lampung memiliki keragaman budaya melimpah adalah dari banyaknya makanan tradisional khas Lampung.

Jika berkunjung ke Provinsi Lampung, kamu wajib mencoba kuliner khas lampung yang lezat dan menggugah selera. makanan dan minuman yang unik, dan tentunya tak kalah lezat dari kuliner daerah lain.

Berikut ini adalah rekomendasi kuliner khas Lampung yang wajib kamu cobain ketika berkunjung ke Provinsi ini.

1. Seruit

Salah satu makanan khas Lampung yang sering dijumpai ini terbuat dari ikan yang dibakar. Seruit disajikan dengan campuran sambal terasi, tempoyak dan mangga kweni yang diiris tipis. Biasanya, sajian ini menggunakan ikan tawar seperti patin, mas, belida, baung dan lais. Seruit sangat lezat saat disantap dengan lalapan.

2. Gulai Tempoyak

Saat mengunjungi Lampung, jangan lupa untuk mencicipi gulai tempoyak. Masakan ini terbilang unik karena daging durian yang dibaluri dengan sedikit garam akan difermentasi selama 3 hari dan diolah menjadi sajian gulai.

Gulai tempoyak akan mengeluarkan rasa asin, manis, asam dan pedas dari kuah tempoyak yang sudah dicampur bumbu kunyit, cabai, bawang merah dan bawang putih.

3. Pindang Patin

Ternyata pindang patin juga termasuk makanan khas Lampung. Masakan ini juga menjadi ciri khas makanan Palembang yang nikmat dan kaya akan protein. Proses pembuatannya, terdiri dari ikan patin dengan rebusan air yang diracik dengan bumbu bawang merah dan putih, jahe, kunyit, serai, daun salam dan belimbing sayur. Adapun jenis pindang patin lainnya, yaitu berkuah bening dengan campuran tempoyak.

4. Gulai Balak

Makanan olahan makanan khas Lampung ini dibuat dari daging sapi atau daging kambing. Seperti kuah-kuah sebelumnya, gulai balak dimasak dengan santan dan rempah-rempah. Sehingga masakan ini memberikan aroma lezat pada makanan.

Baca Juga:  Top Sekolah Dasar (SD) Swasta Terbaik di Lampung 2024

5. Gabing

Bahan-bahannya termasuk batang kelapa muda, santan kelapa, bumbu opor, cabai rawit dan juga cepokak. Batang kelapa ini nantinya dipotong tipis dan direbus dahulu. Untuk meningkatkan cita rasa, gabing biasanya ditambahkan dengan potongan daging.

6. Gulai Taboh

Gulai taboh merupakan makanan khas Lampung dengan bahan utama ikan laut yang dibanjiri dengan kuah santan.

7. Pendap

Pendap sering kali disebut dengan batutuk dan ikan pais merupakan makanan tradisional masyarakat Bengkulu dan Lampung Barat. Resep makanan ini telah berakar sejak zaman nenek moyang dan pernah menjadi salah satu tema lagu yang dirilis dalam album lagu daerah Bengkulu sekitar tahun 1990-an.

8. Umbu

Umbu merupakan sajian masakan berupa rotan muda yang direbus hingga teksturnya benar-benar empuk. Rasa umbu ini mirip dengan pare karena ada rasa pahitnya.

Makanan khas Lampung tersebut sering kali dibuat menjadi oseng-oseng atau dijadikan sebagai lalapan bagi seseorang yang suka dengan rasa pahit.

Berikut beberapa rekomendasi kuliner khas Lampung yang lezat dan menggugah selera. Selamat mencoba.***